Wednesday, May 13, 2009

POHON NYAMPLUNG PENGGANTI BBM (INFORMASI TERBARU)

Ini dia Temunan terbaru dari sumber BBM alias Biosolar yang terbaru dari diantara yang ada namanya POHON NYAMPLUNG. Pohon ini ditemukan sekitar tahun 2005 dengan tidak sengaja oleh Anak SMA Negeri 6 Yogyakarta yaitu Fathur Rahman dan Aditya Prabaswara dan Hasil pengujiannya sudah diakui oleh Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia dan saat ini sedang dikembangkan di beberapa Daerah. Sayangnya Temuan ini kurang terpublikasikan walaupun secara diam-diam ada beberapa orang yang sudah mengetahui dan beberapa pihak mengembangkan tanaman ini. Bahkan Kehutanan menurut informasinya sedang menanam Pohon Nyamplung ini lebih dari 1000 Ha. Karena sudah teruji Jauh Kadarnya jauh lebih bagus dari Temuan-temuan bahan BBM seperti Pohon Jarak, Ubi Kayu alias Etanol, Pohon Nira namun ini yang paling ekonomis dari sekian banyak temuan-temuan pengganti BBM. Sudah diuji 100% jauh lebih baik dari semuanya. Usia Menghasilkan Pohon ini sekitar 5-7 tahun, sedangkan masa produksi hampir sekitar 40-50 tahun. Dan Kayu yang dihasilkan merupakan Kayu yang sangat diperlukan untuk bahan Kapal, dan Pohon ini menghasilkan Getah yang menjadi bahan untuk obat penyakit yang paling ditakutin alias Virus HIV. Dengan Jarak 5 x 5 Meter pohon ini bisa menghasilkan sekitar 15-20 Ton per Ha. Dan Pohonnya berbuah sepanjang Tahun dan Buah yang paling banyak berada sekitar bulan September s/d November. Tanaman ini bisa tumbuh 1-500 mdpl dan hampir tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Dan lebih bagus kalau ditanam di Daerah Panas. Cara pengolahannya sangat sederhana dan sangat memungkinkan dilakukan masyarakat untuk menghasilkan satu liter atau 2 liter solar atau minyak tanah.

Tanaman ini tidak terlalu banyak butuh perawatan karena Tanaman ini tergolong Tanaman Hutan alias Liar. Bibit di dapat dari Bijinya atau dari Tunas Pohon.

Mengapa temuan ini kurang terpuplikasikan, itu dikarenakan adanya kepentingan-kepentingan pihak-pihak dan pertimbangan-pertimbangan lainnya agar tidak menimbulkan permasalahan-permasalahan di sisi lainnya. Namun demikian, temuan ini menurut informasinya sudah dikembangkan di India dan sudah digunakan sebagai bahan transportasi di India. Beberapa masyarakat di Jawa juga sudah menggunakan biji pohon nyamplung ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Jadi jika anda tertarik, tidak salah mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang Pohon Nyamplung yang sudah diuji oleh Astra untuk beberapa kendaraan dan hasilnya 100% Jauh lebih baik dari Bahan Solar lainnya dan bebas Polusi.

Sebagai Bahan Awal pertimbangan untuk mengembangkannya simak dibawah ini:
- Kelayakan finansial investasi biodiesel Nyamplung, mencapai BEP (break event point) pada skala biodiesel 70 ton dan gliserol kotor 14 ton.
- Dengan IRR = 31 %, masa pengembalian modal 6 tahun.
- NPV = Rp. 326,7 juta,-, B/C ratio = 2,4.
- Pada kondisi BEP tersebut diperlukan biji Nyamplung 555 ton setara 11.100 batang pohon Nyamplung atau setara areal 28 Ha dengan produktivitas biji 50 kg/pohon/tahun namun ada yang bilang bisa mencapai 250 Kg/Pohon (masih perlu diteliti lebih jauh).

Hasil pengujian biodiesel Nyamplung oleh Badan Litbang Kehutanan menghasilkan adalah sebagai berikut:
1). Seluruh parameter kualitas telah sesuai dengan kualifikasi biodiesel menurut SNI 04-7182-2006 dengan rendemen konversi asam lemak bebas (FFA) menjadi metil ester 97,8%.
2). uji kelayakan atas kinerja permesinan, biodiesel Nyamplung dapat digunakan untuk kendaraan bermotor (otomotif) sebesar 100%, tanpa campuran solar (B 100),
3). Dari segi lingkungan, biodiesel Nyamplung bebas dari polutan (green solar).

Ciri – ciri batang :
1. Berkayu bulat warna coklat
2. Daun :Tunggal,bersilang berhadapan, bulat memanjang atau bulat telur, ujung tumpul , pertulangan menyirip.
3. Panjang 10-21 cm, lebar 6-11 cm, tangkai 1,5-2,5 cm.
4. Bunga :Majemuk,berbentuk tandan.
5. Buah :Bulat seperti peluru, diameter 2,5-3,5 cm,warna hijau,kering menjadi coklat.
6. Akar :TungangTinggi Pohon : + 20 meter
7. Tempat Tumbuh :Tanah Berpasir atau pantai yang berudara panas Ketinggian :0 – 500 m dpl 8. Tipe curahan hujan :A dan B (4 – 5 bulan Kering)3.

Keunggulannya Pohon Nyamplung ditinjau dari prospek pengembangan dan pemanfaatan lain, antara lain adalah :

- Tanaman nyamplung tumbuh dan tersebar merata secara alami di Indonesia.
- Regenerasi mudah dan berbuah sepanjang tahun menunjukan daya survival yang tinggi terhadap lingkungan.
- Tanaman relatif mudah dibudidayakan baik tanaman sejenis (monoculture) atau hutan campuran (mixed forest)
- Tegaknya hutan nyamplung berfungsi sebagai pemecah angin (wind breaker) untuk tanaman pertanian dan konserfasi sempadan pantai.
- Pohon dapat sebagai penahan angin dan abrasi laut.
- Tidak berkompetisi dengan tanaman pangan.
- Pemanfaatan biofuel nyamplung dapat menekan laju penebangan pohon hutan sebagai kayu bakar.
- Produktifitas biji lebih tinggi dibandingkan jenis lain (Jarak pagar 5 Ton?Ha; sawit 6 Ton/Ha; nyamplung 20 Ton/Ha)
- Hampir seluruh bagian tanaman nyamplung berdayaguna dan menghasilkan bermacam produk yang memiliki nilai ekonomi, sehingga tanaman ini bisa menjadi potensi sebagai penyerapan tenaga kerja dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Manfaat lain dari bagian tanaman nyamplung adalah kayunya termasuk kayu komersial, dapat digunakan untuk bahan pembuatan perahu, balok, tiang, papan lantai dan papan pada bangunan perumahan dan bahan konstruksi ringan.Getahnya dapat disadap untuk mendapatkan minyak yang diindikasikan berkhasiat untuk menekan pertumbuhan virus HIV. Daunnya mengandung senyawa costatolide-a, saponin, dan acid-acid hydrocyanic yang berkhasiat sebagai obat oles untuk sakit encok. Bahan kosmetik untuk perawatan kulit, penyembuhan luka, seperti luka bakar dan luka potong .

Bijinya setelah diolah menjadi minyak bermanfaat untuk plitur, minyak rambut, minyak urut, berkhasiat juga untuk obat urus-urus dan rematik.Bunganya dapat digunakan sebagai campuran untuk mengharumkan minyak rambut. Dengan berbagai potensi keunggulannya, nyampung merupakan tanaman yang memberikan multifungsi dan manfaat kepada manusia diantaranya adalah sebagai tanaman rehabilitasi hutan dan lahan, dan alternatif biofuel, serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Jadi jika anda berpikiran Bisnis kedepan, Silakan mencari informasi selengkapnya. (Data & Fhoto: Berbagai Sumber -fsormin).

6 comments:

  1. Ada teman sudah meneliti dan menerapkan "buah nyamplung" sebagai sumber energi yg diunggulkan utk lingkungan hidup dan keberlanjutanya. Silahkan hubungi Bapak Jawis di Bantul Jogja: 08170418662

    ReplyDelete
  2. bagus juga manfaatnya, kalau mau membeli bibit nyamplung yang paling dekat dar daerah cirebon dimana.

    ReplyDelete
  3. Pohon ini sudah tidak boleh ditutup-tutupi oleh Pemerintah atau siapapun yang ingin menghambat Pengembangan Pohon Nyamplung ini. melalui Publikasi dan Pemberitahuan ke masyarakat Bawah tentang mamfaat Pohon ini akan bisa membantu pengembangan Pohon Nyamplung ini. Saat ini seperti terkesan Mamfaat pohon Nyamplung ini seperti kurang dipublikasikan terhadap masyarakat luas guna kepentingan Bisnis.

    Publikasi pengenalan Pohon ini perlu diberikan bagi Masyarakat bawah dan Menengah khususnya yang berada di wilayah Pantai atau Pulau-pulau yang susah dijangkau.

    ReplyDelete
  4. ada informasi lebih lengkap tentang tanaman nyamplung gak, kalo boleh saya minta tolong untuk penelitian saya

    ReplyDelete
  5. data tentang Pohon nyamplung itu ada di Departemen Kehutanan atau di LIPI Bogor. Disana ada juga contoh pohonnya dan penelitiannya..

    ReplyDelete