Sunday, April 12, 2009

Durian / Tarutung Sipancur

Salah Satu Jenis Durian yang agak Langka keberadaraannya saat ini adalah Durian Sipancur (Tarutung Sipaccur). Durian ini agak sedikit berbeda dengan jenis-jenis durian yang ada selama terutama termasuk sangat berbeda dengan Jenis Durian Bangkok.

Jenis Durian Sipancur (Tarutung sipaccur) sangat jarang ditemukan saat ini dan sulit menemukannya. Pohon Durian Sipancur yang sangat langka ini bisa kita temukan di Desa Haunatas Kec. Marancar Tapanuli Selatan persisnya berada di Kebun Aek Sirabun milik Marga Siregar Sormin.

Keunikan Durian Sipancur ini adalah Selain Rasanya sangat manis, dagingnya Tebal, Dagingnya tidak lembek bahkan Dagomg kulit paling luar agak keras. Sangking Kerasnya Daging Durian ini bisa dikantongi tanpa Hancur. Dikatakan Durian Sipancur oleh Pemiliknya dikarenakan Pohon ini berada di tempat aliran air (Penampung air untuk kebutuhan di Kebun) beberapa Tahun silam saat mula-mula pembukaan kebun rakyat oleh Marga Sormin di Aek Sirabun. Buah dari Pohon Durian ini sangat sedikit dan tidak mudah tumbuh ditempat lain selain di sekitar daerah ini.

Durian ini tidak begitu dikenal masyarakat khususnya di Daerah Kec. Marancar dikarenakan buah durian ini tidak pernah dijual oleh pemiliknya, namun buahnya khusus untuk dimakan oleh Pemiliknya karena rasa durian ini dari jenis-jenis durian yang ada, sangat berbeda sekali.

Jenis Durian ini sangat jarang ditemukan di Kec. Marancar bahkan belum ada durian ditemukan yang menyerupai jenis Durian ini.

Jika Anda benar-benar ingin menikmati Rasanya Durian yang benar-benar dari Hasil Hutan puluhan Tahun lalu maka Anda bisa datang ke Kecamatan Marancar khususnya di Desa Haunatas, Tanjungrompa, Batusatail, Aek Nabara yang Pohon Duriannya rata-rata ada di Hutan Pegunungan Sibual-buali tepatnya di Aek Sirabun (Sungai Sirabun).(fs)

7 comments:

  1. Jadi masihol iba naeng mulak tu huta... "manyoru tarutung",,,,

    ReplyDelete
  2. Ima da salah satu na soboi tarlupahon sian Huta i...

    ReplyDelete
  3. Tulang Sormin.Adong dope tarutung di huta nami Parinduhan.Lain lappakna,marsogi-sogi tarsongon harat ni bosi.Isina gorsing.Daina tabo.Batang ni tarutung on madung ratusan taon.Inda binoto sanga ise manyuanna.Mangolu dope sannari batng ni tarutung i.Pala masa tarutung dijalahi halak doi.bahat do na tabo di Kec.Batangtoru bope di Maraccar.Malungun ibe mulak da tulang.Madung leleng hami di ratto

    ReplyDelete
  4. wah... kalau ada durian tersebut, perlu di kembangkan dan dipuplikasikan. Biar tidak hilang dari Peredaran nama-nama jenis durian, kalau boleh tau hira-hira Alamat Durian tersebut?? dan kalau ada fotonya mungkin akan lebih mantap....

    ReplyDelete
  5. tarutung nise do tulang si paccur i,,,uda siarnol do,,,,,oso ipangan jolo ba tambaru on,,,,,,musim do tarutung tambaru kan tulang........

    ReplyDelete
  6. Pak Sormin,
    Aku jadi kepingin makan durian dari Aek Nabara,
    Tolong di upload foto durian dan pohonnya Pak.
    Baca posting mengenai Tanah Marancar, aku jadi ingat sama Amang yang berasal dari Marancar. Ide yang bagus sekali kalau kita bisa membantu Pembangunan terutama Ekonomi di Tanah Marancar. Maju terus Pak. Turunan Marancar.

    ReplyDelete
  7. kunjungi web kami dan dapatkan info terupdate rumah dijual murah, harga mulai dari 20 juaan hingga ratusan juta rupiah

    ReplyDelete