Tuesday, March 31, 2009

Enaknya Liburan di Kecamatan Marancar







Inilah kehidupan para pemuda masyarakat yang rata-rata di hari Rabu dan Minggu menikmati suasana Hutan di Wilayah Kecamatan Marancar. Biasanya sambil menikmati alam hutan yang masih alamiah mereka bisa menikmati masakan yang mereka masak di alam terbuka. Masyarakat yang suka petulangan di alam hutan terbuka di Kecamatan Marancar ini biasanya Pemuda/i dari Desa Haunatas. Pemuda/i dari desa ini hampir mengenal seluruh seluk beluk jalan yang ada di Kecamatan Marancar atau di diarea Hutan Marancar. Buat Pemuda/i Desa Haunatas, berkeliling di Hutan dengan sama-sama sangat nikmat melakukannya sambil membawa makanan-makanan kecil dan alat-alat musik yang bisa menambah kesemarakan dalam perjalanan. Bila masa liburan anak sekolah, biasanya setiap hari Rabu dan Minggu sering mereka mamfaatkan berlibur mengitari hutan-hutan yang ada di kecamatan Marancar walaupun itu berkilo-kilometer dengan Jalan Kaki.

Kebiasaan ini sudah beberapa generasi dilakukan di Desa Haunatas Marancar, sambil menikmati keindahan Hutan yang kaya akan mamalianya.
Walaupun Jalan ke Kecamatan ini sangat memprihatinkan, dan Kondisi Jembatan Rura Maranggun yang dibuat dari Jembatan darurat dengan lebar hanya 2 Meter, tidak membuat wilayah ini sepi bila Liburan Datang. Masyarakat sangat berharap terhadap PEMDA Tapsel agar Sarana Transportasi ke wilayah ini bisa diperbaiki khususnya Jalan mulai dari Jembatan Rura Maranggun Sampai ke Aek Nabara dan desa Sukarame, guna menghindari Wilayah yang hanya berjarak sekitar 15 KM secara geografis dari Kota Padangsidempuan tidak terisolasi.

2 comments:

  1. kecamatan marancar tuh kok baru pertma kali dener yah??
    jadi pingin nyoba kesana nih

    ReplyDelete
  2. ya...he.a.a dan nama Kec. Marancar itu baru diketahui oleh masyarakat Luar sih.. menurutku masih wajar, karena selama ini Wil Marancar ini berada diwilayah Kec. Batangtoru, dan mulai terpublikasi setelah adanya pemekaran Kecamatan beberata tahun kemudian. Yang masih menggembirakan Luat Marancar/Kec. Marancar berada diantara /ditengah kota Padangsidempuan, kota Tarutung dan kota Sibolga, sehingga letaknya berada di tengah lintas sumatera via lewat Sibolga dan lintas sumatera lewat kota padangsidempuan - sipirok - Tarutung. Hutannya masih bagus dan menyimpan berbagai pesona Tumbuhan dan Hewan. Letak geografis yang berada di antara 3 kota Kabupaten tersebut diatas membuat banyak pihak kwatir akan keberadaan Hutan yang masih terjaga saat ini.
    he.he.a.. yang jelas jikalau anda ke wilayah ini, alangkah baiknya saat musim durian, siapa tau durian langka anda temukan dari daerah ini yang mungkin belum pernah anda temui di daerah lain... horas..

    ReplyDelete